LP4M Bekali Mahasiswa KKN-BBM Tematik untuk Pahami Masalah TKI

  • By Super User
  • In LP4M News
  • Posted 29 Mei 2017

Upaya untuk menebarkan kemanfaatan dan mengatasi berbagai permasalahan di masyarakat terus dilakukan oleh Universitas Airlangga. Melalui Lembaga Pengabdian, Pendidikan, Pelatihan Dan Pengembangan Masyarakat (LP4M), UNAIR terus membenahi sistem Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai salah satu gerbang utama civitas akademika untuk memberi perbuahan yang signifikan di masyarakat.(27-28/05/2017)

Setelah sukses dengan program KKN-Tematik padat karya, kini LP4M mengusung tema baru, yakni KKN-Tematik TKI. Untuk mematangkan kegiatan tersebut, LP4M menggandeng  Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) untuk mendukung sekaligus memberikan pengarahan kepada mahasiswa dan dosen pendamping.

Acara pembekalan dan pengarahan yang dilakukan di Aula Kahuripan (27/5), dihadiri langsung oleh ketua LP4M Prof. Dr. H. Jusuf Irianto, Drs., M.Com. Dalam sambutannya, Jusuf mengatakan bahwa untuk KKN-Tematik TKI,  nantinya akan difokuskan di daerah tujuan KKN yang menjadi kantong-kantong TKI di Jawa Timur.

“UNAIR bersyukur menjadi bagian penting dari program ini. Nantinya, mahasiswa akan di sebar ke daerah  Jember,  Nganjuk, dan  Banyuwangi sebagai kantong TKI di Jawa Timur ini,” jelasnya.

Guru besar FISIP UNAIR tersebut juga menegaskan bahwa KKN-Tematik yang diusung dalam berbagai tema, harus berpijak pada misi pembangunan berkelanjutan.

“Nah untuk KKN-Tematik TKI ini  khusus untuk mengatasi masalah ketenagakerjaan,” imbuhnya.

Kepada para mahasiswa yang bakal diterjunkan ke daerah yang sudah ditetapkan, Jusuf menegaskan agar melakukan KKN-Tematik TKI dengan serius. Pasalnya, untuk kali pertama ini, mahasiswa diminta  fokus menggali data yang valid untuk kemudian akan dijadikan data yang bisa digunakan pada KKN-Tematik periode selanjutnya.

“Untuk awal program ini silahkan mencari data. Fokus untuk itu. Jadi jangan main-main karena data ini akan dipakai untuk mengambil kebijakan pada KKN-tematik  selanjutnya,” tegas Jusuf.

Untuk mematangkan kegiatan KKN-Tematik TKI, hadir pula Drs. Dwi Anto, M.Si., selaku direktur bidang penempatan BNP2TKI. Dalam paparannya, Dwi membuka wawasan mahasiswa agar mengubah pola fikir mengenai TKI yang selama ini selalu fokus pada tenaga kasar dan wanita.

“Apa yang anda fikirkan mengenai TKI. Sebenarnya kita yang sudah lebih dari 18 tahun sudah bisa disebut TKI. Hanya saja masyarakat kita ini sudah memandang TKI identik dengan buruh dan wanita,” jelasnya.

Selanjutnya, Dwi juga meminta agar mahasiswa dan dosen yang bakal terjun di lapangan, paham betul tugas dan tanggung jawab yang diamanahkan oleh UNAIR. Selain mendata dan membuat laporan, tim KKN-Tematik TKI diharapkan mampu memberikan wawasan mengenai dunia TKI, terlebih bagi mereka yang bekerja dengan berlandaskan permasalahan di keluarga yang cukup kompleks.

“Kondisi-kondisi seperti itu yang harus anda tahu dan bagaimana bisa dipecahkan bersama-sama,” tandasnya.

Unduh Materi: Klik disini

Sumber: http://news.unair.ac.id/2017/05/28/bekali-mahasiswa-kkn-tematik-untuk-pahami-masalah-tki/

Hits 933