Siap Sukseskan KKN-BBM TEMATIK POSDAYA LP4M Bekali Dosen Pembimbing Lapangan

  • By Super User
  • In LP4M News
  • Posted 15 Mei 2017

UNAIR NEWS – Berjalannya Kuliah Kerja Nyata Belajar Bersama Masyarakat (KKN-BBM) yang dilakukan oleh mahasiswa, tidak bisa dilepaskan dari peran Dosen Pembimbing Lapangan (DPL). Untuk itu, demi kesuksesan KKN-BBM, Universitas Airlangga melalui Lembaga Pengabdian, Pendidikan, Pelatihan, dan Pengembangan Masyarakat (LP4M) menggelar Training of Trainer (TOT) bagi DPL untuk KKN-BBM Tematik Posdaya yang akan dilangsungkan Bulan Juli mendatang.09/05/2017

Ketua LP4M UNAIR Prof. Dr. H. Jusuf Irianto, Drs., M.Com, dalam sambutannya mengatakan, keberadaan KKN-BBM harus benar-benar bisa menjadi pilar perubahan dan pembangunan yang ada di masyarakat.

“Untuk itu kami selalu mencoba mencari inovasi dan cara agar KKN-BBM ini bisa menjadi pilar pembangunan berkelanjutan,” terangnya.

Guru besar FISIP UNAIR tersebut juga menambahkan bahwa mekanisme KKN berkelanjutan yang sedang digalakkan tersebut akan dijalankan secara berkesinambungan di setiap angkatan KKN.

“Jika angkatan kali ini mahasiswa bisa memberikan laporan berupa masalah yang perlu dikerjakan. Angkatan selanjutnya bisa memberikan luaran berupa laporan solusi dan selanjutnya bisa diterapkan pengentasan masalah, begitu dan seterusnya,” paparnya. “Jadi biar KKN ini memiliki dampak yang signifikan,” tegas Jusuf.

Dalam acara yang dilaksanakan di Ruang Sidang Utama LP4M Gedung Kahuripan Lantai 2 tersebut, hadir Wakil Rektor III UNAIR Prof. Mochammad Amin Alamsjah, Ir., M.Si., Ph.D. Dalam paparannya, Prof. Amin mengatakan bahwa KKN harus bergerak dan jangan jalan di tempat. Ke depan sesuai mandat pimpinan, fungsional dan nama DPL pun akan diganti.

“Nanti nama DPL akan diganti Dosen Pembina Pembangunan Desa (DPPD), jadi ini sebagai bentuk keseriusan pengabdian,” terangnya.

Hadir dalam acara tersebut sebagai pemateri Prof. Haryono Suyono selaku anggota MWA UPI Bandung. Dalam paparannya, Prof. Haryono menekankan perlunya menyusun garis haluan dan membuat pusat-pusat pembangunan desa yang tersebar di berbagai kabupaten lokasi KKN.

“Cara ini adalah bagian dari upaya pembangunan yang kita lakukan dengan berkelanjutan,” jelasnya.

Unduh Materi: klik disini

Sumber: http://news.unair.ac.id/2017/05/09/siapkan-kkn-bbm-lp4m-bekali-dosen-pembimbing/

 

Hits 853