Wajah Baru KKN-BBM Unair, LP4M Adakan TOT DPL KKN-BBM Tematik ke 56

  • By Super User
  • In LP4M News
  • Posted 05 Mei 2017

LP4M NEWS - Kualitas pelaksanaan Program Kuliah Kerja Nyata Belajar Bersama Masyarakat Tematik (KKN-BBM) Universitas Airlangga sepakat untuk ditingkatkan. Untuk itu Lembaga Pengabdian, Pendidikan, Pelatihan dan Pengembangan Masyarakat (LP4M) Universitas Airlangga menyelenggarakan Training of Trainer (ToT) bagi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KKN-BBM Tematik. Tujuannya untuk memberikan pembekalan kepada seluruh DPL (175 Dosen) dari beberapa fakultas di lingkungan UNAIR.27/04/2017

Kegiatan ToT ini dilaksanakan di R. Sidang Utama Gedung Kahuripan lt.2 Kampus C uNiversitas Airlangga, Kota Surabaya, 27 April 2017, dan dibuka oleh Ketua LP4M Pro. Dr. Jusuf Irianto, M.Com. Di awal sambutannya Prof. Jusuf menyampaikan agar KKN-BBM Tematik ke 56 ini bisa lebih fokus pada tema-tema yang ditentukan sesuai dengan kebutuhan Kota/Kabupaten masing-masing. Ditambahkan juga bahwa untuk KKN-BBM Tematik Universitas Airlangga menjadi 10 Kabupaten/Kota yaitu Jember, Banyuwangi, Kediri, Lamongan, Gresik, Bojonegoro, Probolinggo, Surabaya, Nganjuk, Sampang. ”Tugas DPL adalah membimbing mahasiswa dalam setiap langkah operasional KKN di lapangan,” kata Jusuf.

Tugas tersebut mulai dari orientasi dan pengamatan wilayah, memperlancar proses pendekatan sosial ke masyarakat, menjadi penghubung antara mahasiswa dengan Tim Pelaksana, pemerintah dan masyarakat, membangun timbulnya kreatifitas, menampung permasalahan dan hambatan yang dihadapi, memantau, mengendalikan, mengarahkan dan mengawasi kegiatan, membimbing pembuatan laporan, dan melakukan evaluasi. Dengan demikian kegiatan KKN berikutnya akan lebih berkualitas, lebih bermanfaat bagi masyarakat, dan berinovasi dengan membuahkan hasil maksimal.

Pada acara tersebut juga disampaikan RPS untuk KKN-BBM Tematik oleh Prof. Jusuf. Acara dihadiri oleh 3 Narasumber.

Sementara itu Wakil Rektor I UNAIR Prof. Dr. Djoko Santoso, dr., Ph.D., Sp.PD., K-GH., FINASIM dalam pengarahannya kepada peserta meminta kepada para DPL KKN agar program pengabdian masyarakat dalam KKN BBM ini dianalisis, ditulis, dan dipublikasikan.

”Kita harus berkomunikasi dengan dunia melalui tulisan. Kita punya banyak data, tapi yang kemudian ditulis sangat sedikit. Suka tidak suka budaya menulis harus dikembangkan,” pinta Prof. Djoko Santoso. Di akhir sambutannya ia mengajak untuk bekerja sama secara tim dan berjamaah menguntai jalan membawa UNAIR menuju ranking 500 terbaik dunia.

 

unduh materi TOT : http://url.unair.ac.id/7eb3ecf6

Hits 905